Senin, 19 September 2016

BAHAYA DAUN SRI REJEKI


bunga sri rejeki - berbahaya bagi tubuh

Sekarang saya akan membahas tentang bahaya daun sri rejeki,

Tanaman hias ini paling banyak ditanam orang, karena selain indah juga gampang perawatannya. Umumnya bunga ini ditanam dalam pot, bahkan banyak yang menaruhnya didalam ruangan atau teras rumah. Di Indonesia tanaman ini umum disebut dengan nama beras wutah, sri rejeki, dumbcane, pisang tanah dll, dan nama ilmiahnya adalah Dieffenbachia amoena.

Dibalik bunga Indah ini ternyata tersembunyi Racun berbahaya pada getahnya yang terdapat pada seluruh bagian daun dan batang, yang dapat menyebabkan gatal, kejang, dan jika terkena kerongkongan dapat menganggu saluran pernafasan yangbisa berujung  fatal bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah kandungan Kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel bunga ini yang disebut Rafida yang bentuknya seperti jarum.

Nah inilah kenapa anak-anak terutama yang paling rentan, karena mereka biasanya suka menggigit-gigit sesuatu terutama yang berumur 1 sampai 3 tahun – selain itu biasanya bunga ini paling banyak ditaruh dalam ruangan bukan?
Reaksi awal racun ini jika mengenai lidah, maka lidah akan membengkak dan segera mengganggu pernafasan. Bisa menyebabkan kematian karena pernafasan bisa  sesak hingga tidak dapat bernafas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar